Laman

WeLcOmE,,,,,,,, ^_^

Minggu, 30 Mei 2010

Psikologi Belajar

PERANAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

A. Pengertian
Psikologi adalah disiplin ilmu yang membahas prilaku manusia, baik sebagai individu maupun kelompok dalam hubunganya dengan lingkungan. Sedangkan, pendidikan ialah proses menumbuh kembangkan seluruh kemampuan dan prilaku manusia melalui pengajaran pendidikan merupakan konsep ideal, sedangkan pengajaran adalah konsep operasional dan keduanya berhubungan erat ibarat dua sisi koin yang tak mungkin dipisahkan.
Jadi psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi (subdisiplin psikologi) yang menyelidiki masalah-masalah psikologi yang terjadi dalam dunia pendidikan. Lalu, hasil-hasil penyelidikan ini dirumuskan ke dalam bentuk konsep, teori dan metode yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan proses belajar, proses mengajar, dan proses belajar-mengajar. Alhasil, psikologi pendidikan dapat digunakan sebagai pedoman praktis, disamping sebagai kajian teoritis.

B. Peranan Psikologi dalam Pendidikan.
Secara umum psikologi merupakan alat bantu yang penting bagi para penyelenggara pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan karena prinsip yang terkandung dalam psikologi pendidikan dapat dijadikan landasan berpikir dan bertindak dalam mengelola proses belajar mengajar. Setidaknya ada beberapa macam kegiatan pendidikan yang banyak memerlukan prinsip-prinsip psikologi yakni:
1. Seleksi penerimaan mahasiswa baru
2. Perencanaan pendidikan
3. Penyusunan kurikulum
4. Pemilihan materi pelajaran
5. Penelitian pendidikan
6. Administrasi kependidikan
7. Interaksi belajar mengajar
8. Pelayanan bimbingan dan penyuluhan
9. Metodologi mengajar
10. Pengukuran dan evaluasi
Adapun peranan psikologi dalam dunia pendidikan adalah:
1. Untuk mengetahui psoses perkembangan siswa
2. Sebagai cara untuk mengetahui cara belajar siswa
3. Sebagai cara menghubungkan mengajar dan belajar
4. Sebagai pengambilan keputusan untuk pengelolaan PBM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar